7 Cara Penetrasi Pasar Agar Bisnis Makin Sukses

Cara Penetrasi Pasar

Sebagai pemilik bisnis, saya tentu ingin bisnis bisa berkembang. Mencapai tujuan tersebut membutuhkan strategi yang tepat, salah satunya dengan penetrasi pasar. Sebelum menerapkannya, Anda perlu memahami terlebih dahulu tentang pengertiannya, cara penetrasi pasar, hingga mengapa strategi ini jadi langkah efektif agar bisnis berkembang. 

Apa Itu Penetrasi Pasar? 

Cara Penetrasi Pasar
Sc: Freepik

Penetrasi pasar adalah cara untuk mengukur seberapa banyak produk atau jasa yang digunakan oleh konsumen dibandingkan dengan total pasar yang tersedia untuk produk tersebut. Saya menggunakan penetrasi pasar sebagai strategi untuk memperluas pangsa pasar produk atau jasa yang saya tawarkan. 

Jika pasar yang saya masuki memiliki potensi besar, maka bisa diharapkan untuk mendapatkan separuh atau beberapa bagian dari pangsa pasar tersebut. Angka penetrasi pasar ini digunakan untuk menunjukkan potensi pertumbuhan dalam industri tersebut dan memberikan kepercayaan diri untuk melanjutkan operasional ke pasar yang dituju.

Manfaat Penetrasi Pasar

Manfaat Penetrasi Pasar
Sc: Freepik

Penetrasi pasar sangat penting untuk bersaing di industri. Sebelum terjun ke pasar, saya perlu memahami potensi dan kapasitas bisnis terlebih dahulu, terutama jika sudah ada merek besar yang mendominasi. Menghitung potensi pasar dan merancang strategi penetrasi pasar, membuat Anda bisa memperoleh banyak keuntungan, seperti: 

1. Meningkatkan Penjualan

Biasanya, fokus utama bisnis baru adalah meningkatkan penjualan. Menggunakan strategi penetrasi pasar yang tepat, membuat Anda bisa memperkenalkan produk dengan lebih cepat dan efisien dalam meningkatkan laba.

2. Meningkatkan Brand Equity

Penggunaan strategi penetrasi pasar yang efektif, memudahkan saya untuk memperkuat ekuitas merek yang akan meningkatkan nilai bisnis dan membuka peluang untuk ekspansi. Ekuitas merek juga membantu menekan biaya pemasaran dan memungkinkan Anda mengenakan harga lebih tinggi dari pesaing.

3. Posisi Produk yang Lebih Baik

Bersaing dengan merek besar bukan hal mudah, terutama dari segi harga. Namun, penerapan strategi penetrasi pasar yang pas menjadikan Anda lebih mudah dalam memposisikan produk secara tepat di pasar, meskipun harganya sedikit lebih tinggi.

Baca Juga: 7 Cara Menjadi Brand Top of Mind Agar Semakin Dikenal Pasar

Cara Melakukan Penetrasi Pasar 

Cara Penetrasi Pasar
Sc: Freepik

Setelah memahami pentingnya penetrasi pasar bagi perkembangan bisnis, kini saatnya membahas berbagai strategi yang dapat diterapkan jika ingin mencapai hasil maksimal dalam berbisnis, beberapa di antaranya: 

1. Strategi Penetrasi Harga

Salah satu cara yang dapat dicoba adalah menurunkan harga produk lebih rendah dari nilai normal. Tujuannya adalah untuk menarik perhatian konsumen dan mendorong mereka mencoba produk yang kita miliki, sehingga membantu mempercepat penjualan dan memperoleh pangsa pasar lebih besar.

2. Meluncurkan Produk Baru

Anda juga bisa meluncurkan produk baru yang lebih sesuai dengan kebutuhan konsumen. Melalui riset dan pengembangan, Anda bisa mengetahui kekurangan produk sebelumnya dan menawarkan solusi yang lebih baik.

3. Menargetkan Wilayah Baru

Setelah menguasai pasar di satu wilayah, Anda bisa memperluas ke wilayah lain yang belum mengenal produk Anda. Tujuannya adalah untuk menjangkau lebih banyak konsumen dan meningkatkan pertumbuhan bisnis.

4. Berkolaborasi dengan Bisnis Lain

Jika ingin memperluas pasar, Anda dapat menjalin kerja sama dengan bisnis lain. Misalnya, membuka kafe di dalam toko buku. Strategi ini membuat Anda bisa memasuki pasar yang sebelumnya belum pernah dijangkau. 

Baca Juga: Masih Diminati, Ini 7 Strategi Pemasaran Offline yang Efektif!

5. Upgrade Produk yang Ada

Selain meningkatkan kualitas produk yang sudah ada dan membuat inovasi baru, terkadang saya juga melakukan  pembaruan aplikasi dengan fitur baru. Langkah seperti berikut dapat menarik pengguna lama untuk mencoba versi terbaru dan meningkatkan pengalaman mereka.

6. Mengakuisisi Perusahaan Lain

Mengakuisisi perusahaan lain memberi Anda akses ke produk baru, pasar yang belum dijangkau, serta riset dan pengembangan yang sedang berlangsung. Langkah berikut mempercepat ekspansi bisnis karena Anda bisa memanfaatkan sumber daya, teknologi, dan informasi yang sudah ada, sambil memperluas pasar tanpa memulai dari nol.

7. Melakukan Promosi

Cara penetrasi berikutnya yaitu Anda juga bisa menggunakan promosi seperti diskon atau penawaran menarik untuk mendorong lebih banyak konsumen membeli. Pertumbuhan penjualan dan perkembangan bisnis pun bisa lebih cepat. 

Contoh Market Penetrasi 

Contoh Market Penetrasi
Sc: Freepik

Strategi market penetrasi adalah sesuatu yang sering kita jumpai di berbagai aspek kehidupan sehari-hari. Baik melalui pengalaman langsung maupun tidak langsung, banyak contoh strategi ini yang dapat kita temukan. 

Jumlah konsumen yang membeli produk saat ini tidak mengalami penurunan, bahkan terus meningkat. Namun, dengan ketersediaan produk di berbagai platform, konsumen memiliki kebebasan untuk memilih tempat berbelanja. Oleh karena itu, memahami pasar secara global menjadi hal yang penting.

Sebagai salah satu contoh, Samsung dikenal dengan strategi harga penetrasi yang efektif. Penetapan harga awal yang lebih rendah pada produk dan menyediakan berbagai pilihan harga, membuat perusahaan ini secara agresif menarik perhatian konsumen. Tak heran jika pasar terdorong untuk beralih dari Apple dan Samsung berhasil menguasai pasar smartphone secara global.

Baca Juga: 7 Cara Memulai Bisnis yang Wajib Anda Perhatikan Sebagai Pemula

Penutup 

Itulah pengertian dan cara penetrasi pasar secara global. Seperti air yang fleksibel, saya percaya bahwa kita harus mampu menyesuaikan diri dengan berbagai situasi dan perubahan yang terjadi di pasar. Fleksibilitas dalam menghadapi perubahan ini adalah pondasi yang memungkinkan kita untuk terus maju dan berkembang.