Intip Fakta Anton Kurniawan, Pebisnis Sekaligus Pendiri Mie Gacoan!

Fakta Anton Kuriawan

Tahukah Anda, siapa dan apa saja fakta Anton Kurniawan? Sosok pencipta salah satu konsep bisnis kuliner yang mampu diterima oleh banyak hati di berbagai kalangan masyarakat.

Ketika saya melihat Mie Gacoan, sosok yang paling saya ingat berada di baliknya adalah Anton Kurniawan. Pebisnis yang menaungi jaringan restoran mie pedas paling populer di seluruh Indonesia ini memiliki beberapa informasi menarik yang perlu diketahui. 

Perjalanan Karir & Fakta Anton Kurniawan

Anton Kurniawan
Source: fortuneidn

Anton Kurniawan merupakan seorang pelaku bisnis yang dikenal karena memiliki kemampuan yang baik dalam membaca peluang pasar. Ia adalah pendiri sekaligus CEO di PT Pesta Pora Abadi yang menaungi restoran mie pedas, Mie Gacoan.

Sebelum membangun bisnis Mie Gacoan, Anton lebih dulu terjun ke berbagai bidang usaha lain untuk menemukan model bisnis yang bisa berkembang jangka panjang. Dari berbagai pengalaman itulah, Anton menemukan bagaimana cara membaca perilaku konsumen, memahami dinamika yang ada di dalam pasar, serta menemukan celah peluang baru di tengah persaingan yang sangat ketat.

Hal inilah yang mendasari Anton memutuskan untuk terjun ke dalam industri makanan. Menurutnya, makanan merupakan kebutuhan pokok yang akan terus dibutuhkan. Akan tetapi, ia menentukan segmen pasar yang akan menyasar anak-anak muda dengan harga yang relatif lebih terjangkau.

Baca juga: Bukan Sekedar Teknokrat: Ini Beberapa Fakta Unik Purbaya Yudhi Sadewa

Perkembangan Bisnis Anton Kurniawan

Fakta Anton Kuriawan
Source: merdeka

Anton mulai merancang Mie Gacoan yang membawa konsep mie pedas dengan cita rasa khas serta tampilan menu yang kekinian. Pendekatan ini diambil dengan sudut pandang yang berbeda dari pendekatan restoran mie konvensional.

Dirinya juga berani melakukan inovasi serta beberapa penyesuaian untuk bisa memenuhi syarat sertifikasi halal MUI pada tahun 2022. Salah satu penyesuaian yang dilakukan adalah seperti mengganti nama-nama menu. Sebelumnya, nama-nama menu Mie Gacoan cukuplah ikonik. Bahkan, suasana gerainya pun dirancang agar menarik untuk berswafoto.

Strategi yang digunakan ini terbukti sangat efektif untuk menarik perhatian konsumen terutama kalangan pelajar, mahasiswa, hingga pekerja muda. Dengan terus menjaga konsistensi, kualitas produk, dan pengalaman pelanggan, bisnis Mie Gacoan berhasil berkembang dengan pesat.

Selain itu, dengan manajemen yang terstruktur dan pertumbuhan yang cukup agresif membuat Mie Gacoan berhasil membuka ratusan cabang yang tersebar di berbagai kota besar di Indonesia.

Hingga akhirnya, dalam kurun waktu kurang dari satu dekade, brand milik Anton Kurniawan ini mampu menjelma menjadi pemain utama dalam industri cepat saji di Indonesia. Bahkan, Mie Gacoan terus mencatatkan rekor pada aspek jumlah pengunjung dan tingkat penjualan harian mereka.

Hingga tahun 2025, Mie Gacoan tercatat telah membangun hampir 300 gerai tersebar di seluruh Indonesia. Seperti Bali, Lombok, Sulawesi, Kalimantan, Sumatera, dan sebagian besar di Pulau Jawa. Dari ratusan gerai tersebut, diperkirakan Mie Gacoan digerakkan oleh lebih dari 10 ribu pegawai di dalamnya.

Baca juga: Profil dan Fakta Duan Youngping, Pengusaha Sukses Smartphone

Fakta Mie Gacoan

Fakta Anton Kuriawan
Source: merdeka

Selain kesuksesan yang berhasil diwujudkan oleh Anton Kurniawan melalui Mie Gacoan, ternyata ada beberapa fakta menarik dari brand mie pedas nomor 1 di Indonesia ini, yakni:

1. Asal-Usul Nama Mie Gacoan

Nama “Gacoan” diketahui berasal dari bahasa Jawa yang memiliki arti “Jagoan” atau “Andalan”. Istilah ini memberikan Anton ide untuk membangun brand ini sebagai pilihan utama bagi para konsumen.

Untuk menarik perhatian calon konsumen mereka, Mie Gacoan menghadirkan konsep restoran modern dengan harga yang sangat terjangkau. Dengan harga jual mulai dari Rp10.000-an rupiah menjadikannya favorit banyak orang.

2. Dikunjungi Mantan Presiden Joko Widodo

Ketika mantan Presiden Indonesia, Joko Widodo berkunjung ke Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat pada tahun 2022 beliau sempat membagikan videonya ketika sedang mengunjungi tempat makan mie bernama Mie Gacoan. Hal ini tentunya juga turut mendongkrak popularitas brand Mie Gacoan secara nasional.

3. Perusahaan yang Menaungi Mie Gacoan

Brand Mie Gacoan sendiri berada di bawah naungan sebuah perusahaan bernama PT Pesta Pora Abadi. Perusahaan yang bergerak di bidang makanan dan minuman ini memiliki kantor pusat di daerah Malang, Jawa Timur. Didirikan pada tahun 2016 silam, hingga kini PT Pesta Pora Abadi dijalankan oleh lebih dari 10.000 karyawan di dalamnya.

Baca juga: Intip Fakta Peter Sondakh, Konglomerat Pendiri RCTI!

Penutup

Mie Gacoan
Source: bukaoutlet

Ini menjadi salah satu contoh nyata bagaimana strategi bisnis yang tepat dan kepemimpinan visioner, dapat membawa sebuah brand menjadi merek dagang yang sangat sukses di pasar Indonesia. Ratusan hingga ribuan pengunjung yang datang setiap harinya menjadi bukti bahwa brand ini tidak hanya akan menawarkan harga yang bersaing, tapi juga jaminan kepuasan pada pelanggan yang datang.

Tentunya dengan keberhasilan Mie Gacoan di industri ini, menunjukkan daya tariknya pasar Indonesia. Dengan komitmen untuk terus menjaga kualitas dan upaya untuk terus berkembang, Mie Gacoan bersiap untuk meraih pencapaian yang jauh lebih tinggi di masa mendatang.